Thursday, August 22, 2013

LELE BUMBU KUNING

Ikan lele, siapa sih yang gak kenal ikan berkumis yang seksi ini. ikan air tawar yang hobi hidup di sungai atau kolam penangkaran ini emang populer banget bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka penyuka kuliner ikan air tawar.
Well, lele memang sangat mudah dibudidayakan, ikan ini sangat tahan dengan berbagai jenis cuaca dan keadaan air yang ekstrim, harganya yang murah (sekitar 14.000/kg) menjadikannya sebagai primadona tersendiri pagi penggemarnya.
Coba deh kamu amati di berbagai rumah makan khas Indonesia, pasti disana ada menu ikan lele. Entah itu dimasak kering atau berkuah, pedes atau yang gurih tanpa cabe.
Kamu tahu nggak kalau ikan lele itu sehat untuk otak dan jantung, karena mengandung omega 3 & 6, asam amino yang tinggi dapat meningkatka masa otot dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, selain itu kandungan vitamin B12 pada ikan ini juga cukup tinggi lo, so masih ada yang jijik dengan ikan lele?
Well well well, kali ini saya akan mencoba mengolah ikan lele hasil tangkapan suami menjadi masakan berkuah yang bikin lidah bergoyang. Mau coba, yuuuuk sama-sama belajar masak, toh saya juga bukan seseorang dengan tingkat keahlian expert soal masak memasak. Lets get start it.


Bahan & bumbu:
-          Ikan lele (siangi dan cuci bersih)
-          Minyak untuk menggoreng
-          Santan
-          Bawang putih 3 siung
-          Bawang merah 7 butir
-          Kemiri 1 btr
-          Sdkt ketumbar
-          Kunyit
-          Jahe
-          Cabe merah 2
-          Cabe rawit 15
-          Daun jeruk pecel/nipis 2 lbr
-          Beberapa pucuk daun kemangi muda
-          Garam
-          Gula
-          Tomat
-          Air
Cara memasak:
-          Goreng ikan lele yang sudah bersih sampai garing kulit luarnya, tujuannya supaya tidak hancur ketika dimasak
-          Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, kunyit, kemiri, cabe merah besar, 5 cabe rawit, daun jeruk, gula dan garam. Bila malas menggunakan cobek, bisa diblender.
-          Tumis bumbu yang sudah halus, menggunakan minyak baru, jangan menggunakan jelantah/minyak bekas menggoreng lele, selain merusak tampilan masakan, juga mempengaruhi cita rasa.
-          Stelah aroma dari bumbu halus wangi, masukkan sisa cabe rawit dan irisan tomat, tumis sebentar, kemudian masukkan ikan lele yang sudah digoreng.
-          Ungkep dgn api kecil & sedikit air kurang lebih selama lima menit
-          Lalu tuang santan kental, didihkan tp jgn sampai santannya pecah, lalu matikan api. Dan masukkan pucuk daun kemangi.
-          Dan lele kuah kuning siap dinikmati, bersama nasi hangat dan sambel (kalau kurang pedes sih)





No comments:

Post a Comment